DAMPAK IPTEK




Iptek berkembang dengan sangat cepat. Ilmu pengetahuan dan teknologi juga memudahkan setiap orang untuk mendapatkan informasi, serta berkomunikasi jarak jauh, maupun komunikasi jarak dekat. 

Perkembangan ini juga mempengaruhi atau memberi dampak terhadap kehidupan pelajar, dengan kecanggihan teknologi sekarang pelajar tidak hanya memiliki sumber pengetahuan hanya dari buku, namun sekarang sumber pengetahuan bisa di peroleh dari internet. Jadi pelajar. Namun hal ini juga memberikan dampak positif dan dampak negatif.

Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

Dengan kemajuan teknologi, tercipta metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi yang abstrak. Karena dengan bantuan teknologi bisa memudahkan pemahaman. Pembelajaran pun tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi, proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru. Tetapi bisa juga menggunakan internet dan lain-lain.

Karena dengan teknologi yang canggih, pelajar mendapat berbagai macam keuntungan. Dengan teknologi, pelajar dapat dengan mudah menggali informasi apa pun terkait mata pelajaran sekolah. Sehingga bisa membantu meningkatkan mutu pendidikan mereka.

 Dampak negatif di bidang pendidikan, di antaranya:

1. Siswa terlalu sering menggunakan ponsel dan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

2. Kurangnya interaksi yang dilakukan para pelajar.

3. Memunculkan budaya instan yang membuat proses belajar panjang ditinggalkan.

4. Munculnya pengaruh budaya asing yang berbeda dari budaya Indonesia.


https://radarbanyuwangi.jawapos.com/opini/amp/75913759/pengaruh-perkembangan-iptek-bagi-pelajar

https://adjar.grid.id/amp/543679741/dampak-positif-dan-negatif-kemajuan-iptek-di-bidang-pendidikan?page=3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TOKOH PENEMU IPTEK

PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP MEDIA SOSIAL